Ukraina

Kenapa Ukraina tidak kalah

Kenapa Ukraina tidak kalah dari Rusia dalam invasi tahun 2022, atau kenapa Rusia belum berhasil mengalahkan Ukraina di tahun 2022?

Situasi Ukraina pada 26 Oktober 2022

Situasi Ukraina pada 26 Oktober 2022

Invasi Rusia ke Ukraina sejauh ini sudah melewati setidaknya 3 fase:

  • Fase pertama / awal (Februari sampai Juni), ditandai dengan serangan serentak dari utara, timur dan selatan. Pada fase ini Ukraina sempat kewalahan karena pasukan Rusia di Utara hampir mencapai Kyiv, sedangkan di selatan Rusia berhasil merebut Kherson. Akhirnya serangan ke Kyiv dapat dihentikan dan tentara Rusia mundur dari Utara untuk memperkuat tentara di Timur
  • Fase kedua (Juli ~ September). Pada fase ini tentara Rusia di timur menyerang dengan strategi baru, yaitu serangan artileri besar-besaran diikuti serangan infanteri. Pada fase ini tentara Rusia berhasil merebut kota Severodonets dan Lychyshansk.
  • Fase ketiga (Septemer ~ Oktober). Pada fase ini Ukraina melancarkan serangan balasan di daerah Kharkiv (Timur) dan di selatan (Kherson).

Berikut ini analisis kenapa Ukraina sanggup bertahan

Fase Pertama

Fase Kedua

pada fase ini Ukraina terdesak, dan banyak korban terutama karena serangan artileri. Pada akhir fase ini , Ukraina tertolong dengan bantuan artileri dan roket dari Amerika dalam bentuk meriam howitzer M777 dan peluncur roket jarak jauh HIMARS dan M270. Gempuran HIMARS &  M270 berhasil mengganggu jalur logistik di jalur belakang Rusia.

Peluncur roket HIMARS

Fase Ketiga

Pada fase ketiga ini, Ukraina melancarkan serangan balik yang cukup kuat. Pada saat ini serangan masih berlangsung sehingga belum dapat disimpulkan kekuatan/kelemahan di kedua pihak.

 

 Sumber

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by: Wordpress